Selasa, 30 September 2014

Sabang

Sabang adalah sebuah kota yang terletak di Pulau Weh. Pulau ini terletak di sebelah utara Provinsi Aceh, Banda Aceh, Indonesia.

Peta Sabang

Letak Kawasan Sabang yang strategis karena berada pada jalur lalu lintas pelayaran (International Shipping Line) dan penerbangan internasional menjadikan posisinya begitu sentral sebagai pintu gerbang arus masuk investasi, barang dan jasa dari dalam dan luar negeri. Didukung juga dengan pembangunan Terusan Kra (Canal Kra) di Thailand, dapat memposisikan Sabang sebagai Buffer Zone bagi kapal-kapal container atau kapal-kapal kargo lainnya yang melalui Selat Malaka dan Samudera Hindia.
Sabang juga menawarkan banyak objek wisata yang dapat memanjakan mata setiap wisatawan yang berkunjung ke kota ini, diantaranya :

1. Tugu Nol Kilometer
Merupakan sebuah tugu penanda geografis yang unik di Sabang Indonesia. Hal ini berkaitan perannya sebagai simbol perekat Nusantara dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua.

Tugu Nol Kilometer

Tugu ini terletak di areal Hutan Wisata Sabang tepatnya di Desa Iboih Ujong Bau, Kecamatan Suka Karya atau sekitar 5 km dari Pantai Iboih. Letaknya di sebelah barat kota Sabang sekitar 29 kilometer atau memakan waktu sekitar 40 menit jika menggunakan kendaraan.

Kilometer Nol Sabang

Pemandangan dari atas tugu sungguh sangat menawan dimana membentang samudera lepas yang seakan tak terbatas. Mengapa tidak tunggulah hingga matahari larut di birunya air laut Samudera Hindia. Menikmati sunset di ujung paling barat kepulauan di Indonesia ini sulit dicari tandingannya.

2. Pantai Iboih
Pantai dengan pemandangan yang menakjubkan ditambah dengan air laut yang jernih, tenang, dan dangkal. Para wisatawan dapat melakukan kegiatan snorkling dan menyelam terutama untuk melihat formasi gunung berapi yang ada didasar laut. Gunung api bawah laut ini konon telah memisahkan Pulau Weh dengan ujung Pulau Sumatera.


Pantai Iboih

3. Danau Aneuk Laot
Merupakan sebuah danau yang memiliki peran penting di Sabang karena merupakan sumber air tawar bagi kehidupan penduduk sekitar. Danau ini memiliki bentuk yang memanjang serta latar belakang dari danau ini juga tampak indah. Apalagi jika anda melihatnya dari atas perbukitan yang memiliki rerumputan yang luas. Selain anda bisa melihat bentuk utuh dari danau ini, anda juga bisa menyaksikan indahnya danau ini ketika berdampingan dengan laut di pantai yang ada di Kota Sabang.

Danau Aneuk Laot

Tak jarang anda bisa melihat asap vulkanik yang dikeluarkan oleh sebuah gunung berapi yang berada sekitar 17 km dari Sabang. Benar-benar sebuah pemandangan yang lengkap, mulai dari danau, perbukitan, pantai, laut bahkan gunung berapi. Selain itu kita juga bisa menyaksikan sunseat yang memantulkan cahaya matahari di atas air danau sehingga membuat matahari tampak indah hingga hari mulai gelap.

4. Taman Laut Rubiah
Taman Laut Rubiah terletak sekitar 23,5 km sebelah barat kota Sabang, dapat dicapai melalui darat, atau sekitar 7 km dengan menggunakan perahu boat, dan terletak bersebelahan dengan Desa IboihPanorama air laut yang jernih dengan terumbu karang dan berbagai jenis ikan dapat kita nikmati disini.

Taman Laut Rubiah

5. Air Terjun Pria Laot
Sebuah air terjun yang berlokasi di desa Pria Laot, 12 kilometer dari pusat kota Sabang. Air Terjun Pria Laot berhulu dari Gunung Sarung Keris dan berada di tengah-tengah hutan dengan aliran air yang betingkat.  Di bawah air terjun terdapat kolam penampungan yang dapat digunakan untuk berenang. Untuk menuju lokasi air terjun, Anda harus berhenti di ujung jembatan desa yang berada persis di depan menara pompa air minum kota Sabang. Dari sini perjalanan harus dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 1 km.


Air Terjun Pria Laot

Sepanjang jalur ke air terjun, Anda akan diajak berjalan melewati bebatuan terjal dan sesekali menyeberangi sungai. Lokasi air terjun yang berada dalam hutan memberikan kesempatan untuk menyaksikan beragam fauna liar. Jika beruntung Anda bisa melihat biawak laut yang merupakan endemik pulau Sabang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar