Kamis, 02 Oktober 2014

Pulau Lombok

Pulau Lombok adalah sebuah pulau di Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Mataram, Indonesia. Pulau ini dipisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau terluas di dunia.

Peta Pulau Lombok

Pulau ini memiliki aneka ragam objek wisata yang harus dikunjungi oleh setiap wisatawan yang datang ke pulau ini, antara lain :

1. Gunung Rinjani
Gunung ini terletak di sebelah utar Lombok dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 meter diatas permukaan laut.

Indahnya Puncak Gunung Rinjani

Di gunung ini terdapat sebuah danau bernama Segara Anak yang airnya berwarna biru seperti air laut. Berbagai jenis flora dan fauna juga dapat kita jumpai di gunung ini seperti Cemara Gunung, Edelweiss, Monyet Perak, Rusa dan lain sebagainya. Di gunung ini juga bisa kita temui berbagai jenis panorama seperti kaldera, air terjun, goa, dan mata air panas.

Danau Segara Anak

2. Pantai Senggigi
Merupakan objek wisata berupa pantai yang membentang lurus sepanjang 10 kilometer. Untuk mencapai pantai ini dibutuhkan waktu 30 – 50 menit dari Mataram. Banyak turis yang menghabiskan waktu untuk berjemur, berenang, snorkling, atau sekedar bermain disekitar pantai sambil menikmati indahnya pemandangan yang tersedia.

Pantai Senggigi

3. Gili Nanggu
Merupakan sebuah pulau yang terletak di sisi barat Pulau Lombok dengan luas 12,5 Ha. Gili Nanggu memiliki keindahan taman laut yang luar biasa dengan terumbu karang yang masih lengkap beserta ikan – ikan beraneka warna. Tempat ini merupakan surganya para penyelam. Untuk mencapai Gili Nanggu, Anda harus menyewa boat dari Pelabuhan Lembar dengan tarif Rp. 70.000 dan waktu tempuh sekitar 30 menit atau dari Pelabuhan Tawun dengan tarif Rp. 50.000 dan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Gili Nanggu

4. Pura Batu Bolong
Merupakan sebuah pura kecil yang terdapat di daerah Senggigi, Lombok. Apabila anda melakukan perjalanan darat dari Mataram menuju Pelabuhan Bangsal (tempat penyebrangan reguler ke Gili Trawangan) melalui jalur pantai, anda akan melewati pura ini. Pengunjung diperbolehkan masuk dengan membayar Rp.10.000.

Pura Batu Bolong

Seperti halnya pura-pura yang yang ada di Pulau Bali, pura ini juga mengharuskan pengunjung untuk menggunakan kain berwarna kuning di pinggang selama berada di dalam area pura, juga menjaga kesopanan karena sejatinya pura merupakan tempat ibadah keagamaan. Selain itu terdapat peraturan bahwa wanita yang sedang berhalangan dilarang memasuki area pura.
Nama Pura Batu Bolong itu sendiri sesuai dengan sebuh batu besar dengan lubang di tengahnya yang terdapat di pura tersebut. Salah satu pura yang terdapat di dalam area Pura Batu Bolong bernama Pura Ratu Gede Mas Mecaling, letaknya di depan, dekat dengan pintu masuk pura.

5. Air Terjun Sendang Gila
Air terjun dengan ketinggian 31 meter yang berada di Desa Senaru dengan waktu tempuh sekitar 2 – 3 jam dari Mataram.

Air Terjun Sendang Gila

Hal menarik yang membuat air terjun ini berbeda adalah sebuah mitos dari penduduk setempat yang mempercayai bahwa air terjun ini memiliki unsur magis yang bisa membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usianya apabila membasuh muka atau mandi dengan air terjun tersebut. 

6. Tamana Narmada
Merupakan sebuah taman yang cukup terkenal di Pulau Lombok yang memiliki berbagai keindahan taman dan kolam yang di milikinya. Sehingga pengunjung yang berada di sini akan merasakan ketenangan dan kesejukan yang tidak ada bandingannya dengan tempat lain.
Seperti namanya, taman ini berada di daerah Narmada, tepatnya di Desa Lembuak, Kecamatan Narmanda, Kabupaten Lombok Tengah. Kurang lebih 10 kilometer dari Kota Mataram jika di tempuh menggunakan jalur darat.

Tamana Narmada

Namun, menurut sejarah yang ada awal mula taman ini di bangun oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem yang merupakan raja dari Kerajaan Karangasem. Sehingga ketika berwisata ke Taman Narmada Lombok ini Anda akan terkesan berada di taman yang di Karangasem, Propinsi Bali.
Secara umum tempat wisata Taman Narmada Lombok ini memiliki berbagai fasilitas yang terdiri dari kolam, taman, dan beberapa mata air yang sudah terbukti asli berasal dari Gunung Rinjani. Selain itu, untuk anda yang ingin berkunjung ke taman ini, biaya yang di tetapkan bisa dibilang cukup murah yakni Rp. 4.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 10.000 untuk wisatawan asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar