Jumat, 03 Oktober 2014

Manado

Manado merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Batas wilayahnya terdiri dari Kabupaten Minahasa Utara di sebelah utara, Kabupaten Minahasa di sebelah selatan, Teluk Manado di sebelah barat, Kabupaten Minahasa di sebelah timur. Luas wilayah daratannya adalah 15.726 hektare. Manado juga merupakan kota pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 18,7 kilometer. Kota ini juga dikelilingi oleh perbukitan dan barisan pegunungan. Wilayah daratannya didominasi oleh kawasan berbukit dengan sebagian dataran rendah di daerah pantai. Interval ketinggian datarannya mencapai 40% dengan puncak tertinggi di Gunung Tumpa.

Peta Manado

Manado memiliki beberapa obyek wisata yang dapat memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung ke kota ini, antara lain :

1. Taman Laut Bunaken
Merupakan surganya keindahan taman bawah laut. Ekosistem terumbu karang di Bunaken sangat kaya hingga mencapai 390 spesies terumbu karang. Disini Anda bisa berkeliling menggunakan katamaran (perahu berkaca), snorkling, diving (dengan 20 titik dive spot), foto bawah laut, berjemur, dan tamasya pantai.

Taman Laut Bunaken

Jarak Bunaken dari pelabuhan Kota Manado sekitar 7 mil, dapat ditempuh dengan kapal cepat sekitar 35 menit menuju Bunaken. Dengan luas wilayah sekitar 75.625 hektare, Bunaken telah terdaftar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

2. Pulau Siladen
Pulau Siladen merupakan salah satu obyek wisata bahari di Manado dengan daya tarik sebagaimana yang ada di Bunaken. Pulau Siladen dikenal dengan hamparan pasir pantai yang putih dan bersih. Pulau Siladen ini terletak di sebelah timur Pulau Bunaken. Dari pelabuhan Manado, Anda dapat menempuh perjalanan laut sekitar 45 menit ke Pulau Siladen naik kapal motor. Jika Anda ingin menikmati wisata laut dengan ketenangan dan keindahan yang memikat, maka Pulau Siladen di Manado adalah opsi yang layak dipertimbangkan.

Pulau Siladen

3. Monumen Yesus Memberkati
Sebuah monumen Yesus Kristus yang terletak di Manado, Indonesia. Monumen ini memiliki tinggi 50 m dari permukaan tanah, dimana patungnya sendiri memiliki tinggi 30 meter dan 20 meter adalah tinggi penopangnya. Monumen ini terbuat dari 25 ton besi fibre dan 35 ton besi baja dan terletak pada bukit tertinggi di daerah Perumahan Citraland Manado. Monumen ini menjadi ikon terbaru kota Manado dan merupakan monumen Yesus Kristus yang kedua tertinggi di Asia. Kemiringan monumen ini mencapai 20 derajat.

Monumen Yesus Memberkati

4. Danau Tondano
Merupakan obyek wisata danau dengan area seluas 4.278 hektare dan terletak di Desa Remboken, sekitar 3 kilometer dari Kota Tomohon atau 30 km dari Manado. Pengunjung dapat menggunakan perahu untuk berkeliling di sekitar danau dengan biaya Rp. 50.000 tetapi perahu biasanya menunggu sampai dipenuhi 10 penumpang.

Danau Tondano

5. Gunung Tumpa
Merupakan satu-satunya gunung di daratan Manado yang memiliki pesona dan pemandangan yang menarik. Terletak di bagian utara Manado.  Ketinggiannya sekitar 615 meter dari atas permukaan laut. Puncaknya yang menjulang dan di sekelilingnya ditumbuhi pepohonan hijau tampak asri dan menarik.

Gunung Tumpa

Jalan menuju ke puncaknya cukup menguji adrenalin. Terdapat sejumlah tanjakan yang tinggi dan lembah-lembah yang curam, namun secara umum tidak berbahaya. Tubuh lelah dan air peluh yang keluar akan terbayar dengan rasa senang dan kagum jika telah sampai di puncaknya. Gunung ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise, sunseat, dan full moon.

6. Bukit Kasih
Bukit Kasih terletak sekitar 50 km arah selatan Manado, tepatnya di Desa Kanonang, Kabupaten Minahasa. Bukit Kasih ini merupakan bukit belerang yang masih alami. Bukit Kasih  mempunyai monumen yang menyimbolkan 5 agama di tiap sisi tiang. Monumen itu tingginya 22 meter. Anda bisa lihat betapa rukunnya semua umat di Indonesia dari bukit ini. Untuk mencapai puncak bukit Anda harus menaiki 2.435 anak tangga.

Bukit Kasih

7. Danau Linow
Danau yang terletak di Desa Lahedong, Kecamatan Tomohon Selatan. Danau ini memiliki kadar belerang yang cukup tinggi sehingga warna danau mudah sekali berubah-ubah bahkan saat kami datang menampilkan 3 warna sekaligus. Jika dilihat secara kasat mata, tampak warna hijau tosca, biru laut serta coklat susu. 

Danau Linow

Perubahan warna danau tersebut juga terpengaruh oleh terobosan sinar matahari yang masuk melalui celah-celah awan dan memantul di permukaan danau. Danau ini berjarak sekitar 40 kilometer dari Manado dengan biaya masuk sebesar Rp. 25.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar