Rabu, 29 Oktober 2014

Papua Barat

Papua Barat (sebelumnya Irian Jaya Barat disingkat Irjabar) adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian barat Pulau Papua,Indonesia. Ibukotanya adalah Manokwari. Nama provinsi ini sebelumnya adalah Irian Jaya Barat yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 18 April 2007, nama provinsi ini diubah menjadi Papua Barat. Wilayah provinsi ini mencakup kawasan kepala burung Pulau Papua dan kepulauan-kepulauan di sekelilingnya. Di sebelah utara, provinsi ini berbatasan dengan Samudera Pasifik, bagian barat berbatasan dengan Provinsi Maluku Utara dan Provinsi Maluku, bagian timur dibatasi oleh Teluk Cendrawasih, selatan dengan Laut Seram dan tenggara berbatasan dengan Provinsi Papua.


Peta Papua Barat

Papua Barat juga memiliki sejumlah obyek wisata yang tidak kalah indah jika dibandingkan dengan obyek wisata lain di Nusantara, berikut diantaranya :


1. Raja Ampat
Raja Ampat terkenal mempunyai taman laut terbesar di Indonesia, bahkan juga diyakini memiliki kekayaan biota laut terbesar di dunia. Di kawasan setidaknya terdapat 1.300 spesies ikan, 600 jenis terumbu karang, serta 700 jenis karang. Selain itu terdapat juga berbagai jenis kura-kura, ganggang, dan ubur-ubur. Anda dapat menikmati panorama bawah laut Raja Ampat melalui beberapa titik penyelaman yang luar biasa indah dengan kekhasan masing-masing.

Raja Ampat

2. Gua Kalelawar
Gua ini terletak di Manokwari, tepatnya di Gunung Meja, sebelah utara Manokwari. Untuk menyusuri gua yang penuh dengan kalelawar ini Anda tidak perlu menggunakan binocular karena ketinggian gua ini kurang dari 30 meter. Di gua ini Anda dapat mengamati kalelawar yang terbang dan yang bergelantungan di atap gua.

Gua Kalelawar

3. Danau Anggi Giji
Danau yang terletak di Kabupaten Manokwari dan merupakan tempat yang memiliki nilai sejarah. Danau ini dibatasi oleh area pegunungan. Warna air danau ini masih terlihat sangat jernih dan berwarna biru. Udara disekitar danau juga masih asri dengan panorama alam yang luar biasa. Untuk mencapai danau ini harus menempuh perjalanan darat selama 12 jam dari Manokwari.

Danau Anggi Giji

4. Pegunungan Arfak
Pegunungan ini telah menjadi tempat pendakian favorit bagi para pelancong petualang dari seluruh dunia yang ingin melihat flora dan fauna asli Papua. Disini, wisatawan dapat melihat berbagai jenis burung seperti burung Cendrawasih, Kakaktua Putih, Kakaktua Raja, Bower Bird, dan Dara Mahkota, ada juga maleo, kuskus, dan maih banyak lagi. Disamping itu, alam pegununganini dipenuhi oleh hijaunya hutan hujan tropis Papua.

Pegunungan Arfak

5. Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Merupakan perwakilan ekosistem terumbu karang, pantai, mangrove dan hutan tropika daratan Pulau Papua. Taman ini merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia. Potensi karangnya tercatat mencapai 150 jenis dari 15 famili. Selain itu terdapat 209 jenis ikan dan 4 jenis penyu.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Di taman nasional ini juga terdapat sebuah gua alam bekas peninggalan zaman purba, sebuah sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam, gua dalam air dengan kedalaman 100 kaki dan sejumlah peninggalan dari abad 18.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar