Senin, 06 Oktober 2014

Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kupang, Indonesia. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik.

Peta Pulau Komodo

Pulau Komodo juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang. Hingga saat ini, di pulau ini terdapat sekitar 2500 ekor komodo. Selain merupakan satu-satunya tempat hidup bagi komodo, pulau ini juga menyimpan beberapa obyek wisata yang dapat memanjakan mata para wisatawan, antara lain :

1. Taman Nasional Komodo
Di sini kita bisa melihat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia. Selain itu, terdapat banyak spesies terumbu karang, spesies sponge, dan spesies ikan. Di sini juga terdapat dugong, hiu, paus, lumba-lumba, dan kura-kura.

 Situs Warisan Dunia

Taman Nasionan Komodo didirikan pada 1980 untuk melindungi kelestarian komodo. Tak hanya hewan langka tersebut, Taman Nasional Komodo juga untuk melindungi berbagai macam tumbuh-tumbuhan dan satwa, termasuk binatang-binatang laut. UNESCO mengakui sebagai Situs Warisan Dunia pada 1986. Bersama dua pulau besar lainnya, yakni Pulau Rinca dan Pulau Padar.

Taman Nasional Komodo

2. Pink Beach
Merupakan pantai dengan pasir berwarna pink. Hanya ada 7 buah pantai berpasir pink di dunia ini, salah satunya di Pulau Komodo. Pasir pink ini berkat campuran pasir putih dan merah. Warna merah sendiri konon katanya berasal dari serpihan koral merah yang hancur. Setiap orang yang ingin berkunjung kemari, maka harus ditemani oleh Jagawana. Jagawana adalah sebutan bagi petugas perlindungan Taman Nasional Komodo. Sebab, biasanya komodo suka berjemur di pantai ini.

Pink Beach

3. Varanus Komodoensis
Varanus Komodoensis merupakan nama ilmiah dari hewan purba komodo. Berawal pada tahun 1910 armada kapal Belanda menemukan makhluk misterius yang diduga "Naga" mendiami wilayah Kepulauan Sunda Lesser. Selanjutnya oleh Letnan Steyn Van Hensbroek, seorang penjabat Administrasi Kolonial Belanda di kawasan Flores temuan ini ditindaklanjuti. Pada tahun 1912, Peter A. Ouwens, direktur Museum Zoologi di Bogor mempublikasikan komodo kepada dunia lewat disertasinya. Dalam pemberitaannya, Ouwens memberi saran nama kadal raksasa "Varanus Komodoensis" untuk komodo, sebagai pengganti julukan Komodo Dragon (Komodo Naga).

Komodo (Varanus Komodoensis)

Komodo adalah hewan karnivora dan pemulung (pemakan bangkai) dan merupakan karnivora teratas di ekosistem mereka. Komodo kadang-kadang menangkap mangsa hidup dengan cara bersembunyi dan menyergap, meskipun sumber makanannya terutama adalah bangkai. Komodo memiliki penglihatan dan pendengaran yang memadai tetapi lebih mengandalkan penciuman untuk mendeteksi mangsa potensial. Komodo juga memiliki lidah panjang bercabang berwarna kekuningan serta gigi yang tajam. Panjang komodo berkisar antara 1,8 hingga 2,7 meter dengan berat sekitar 75 kg. Komodo juga dijuluki sebagai "The Last Living Dinosaur On Earth"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar